Tips Memasang Busi: Enggak Perlu Pakai “Otot”!

Posted by



Brosis tentunya udah paham banget nih sama yang namanya busi. Buat yang sering wara-wiri dengan motor Honda kesayangan, kayaknya udah paham cara bongkar busi sendiri. Kalau mau belajar juga gampang kok! Kan di setiap motor Honda pasti disediakan toolkit yang isinya ada kunci busi.
Yang harus diperhatikan adalah jangan sembarangan bongkar pasang busi. Setiap busi memiliki spesifikasi masing-masing. Mesti ukuran dratnya sama, bisa saja panjangnya berbeda. Kalau salah pilih bisa gawat. Misal Brosis memakai busi yang pendek, ternyata pakai busi yang dratnya panjang. Bisa-bisa dihajar piston atau klep, alhasil klep jadi bengkok!
Sebaliknya jika Brosis menggunakan Busi dengan drat pendek untuk motor yang mengharuskan busi dengan drat panjang. Elektroda busi nggak nyampe ruang bakar tuh. Mau distarter puluhan kali juga motor enggak bakal nyala. Capek deh… :P
Nah kalau memilih businya sudah benar, Brosis tinggal pasang lagi deh. Tapi gak usah pakai otot kawat macam gatotkaca saat ingin mengencangkan busi. Cukup dipasang hingga kencang saja. Enggak perlu ekstra kencang. Emang kenapa sih?
Nah kalau busi dikencangkan pake “otot”, bisa jadi elektroda busi akan jadi lebih masuk ke dalam ruang bakar. Hal ini tentunya beresiko busi ketabrak klep. Tinggal nunggu yang kalah duluan aja. Antara busi yang pecah, atau klep yang bengkok.
Pastikan juga busi yang dipasang tidak terlalu kendur. Resikonya, busi bisa terpental. Kompresi ruang bakar yang tinggi akan meluncurkan busi seperti roket. Jangan dianggap lucu yah Brosis, sebab pernah nih ada kasus mobil yang terkena luncuran busi dan langsung penyok. Kebayang kalau kena kaki pengendara lain. Bisa masuk rumah sakit tuh!
Terakhir, jangan membuka busi saat keadaan mesin masih panas. Lebih baik sabar sebentar menunggu mesin sedikit mendingin. Pasalnya, membuka busi saat keadaan mesin panas akan membuat drat busi cepat dol. Kalau drat busi sudah dol, obatnya cuma 2 Brosis. Yang pertama beli head silinder baru, yang kedua Brosis kudu membuat ulang drat busi di tukang las bubut.
So, meski kecil jangan menyepelekan soal busi ya. Oh ya, Brosis bisa nih ngecek spesifikasi busi buat motor Honda kesayangannya di: http://www.welovehonda.com/product-knowledge/busi


Demo Blog NJW V2 Updated at: 12:57 PM

0 comments:

Post a Comment